GUS YUSUF

KH Yusuf Chudlori Tegalrejo Magelang

Habib Syekh

Habib Syekh Solo bersama Gus Yusuf

Peduli Merapi

Penyerahan Bantuan peduli merapi

FASTA VAGANZA

Fasta vaganza dalam rangka Khaflah API Tegelrejo bersama band Five Minutes

Jumat, 18 Juni 2010

Hujan Berkepanjangan Paksa Petani Magelang Panen Dini



Oleh: Ahmad Muslim

Fast Pojok Kota- Hujan deras dan angin kencang yang menerjang kabupaten magelang dalam dua minggu terakhir membuat belasan hektar tanaman padi di sejumlah kecamatan ambruk. Kondisi ini memaksa petani melakukan panen lebih cepat agar padi tidak busuk terendam air.

Berdasarkan pantauan, padi ambruk tersebar merata di sejumlah daerah seperti kecamatan salam, muntilan, sawangan, serta kecamatan ngluwar.

Terjangan angin kencang disertai hujan deras, mengakibatkan puluhan hektar tanaman padi rebah ketanah sawah, dan memicu bulir padi rata rata yang sudah berumur empat puluh hari atau siap panen membusuk.

Sementara, upaya mengantisipasi dan meminimalisir kerugian yang sudah dilakukan oleh para petani tak membuahkan hasil maksimal.

Salah satu petani Dimyati, mengungkapkan, biasanya panen padi dari 1800 meter sawahnya mampu menghasilkan 12 sampai 13 kwintal gabah, namun kini terpaksa ia jual borongan seharga yang merosot.

“Ya niki kurang lebih dua minggu, sampai sekarang ini, wah banyak di daerah saya ini banyak, karena musim sekarang ini biasanya itu yang kalau tidak roboh itu gabuk, punya saya sendiri itu biasanya memdapat 12 kintal, tapi berhubung hujan terus hasilnya merosot tajam, lebih dari separo, karena kita jual borongan itu hanya berlaku Rp 2.450.000,” jelas Dimyati yang ditemui disawahnya (18/06)

Dimyati dan para petani lain, hanya bisa pasrah dengan kondisi yang mereka alami saat ini, dan berharap musim tanam yang akan datang membawa angin baik pada hasil panen padinya.(F1)

Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

Fast Pojok Kota Copyright © 2010 Edited DK Media is Designed by Pak Nano Payaman