GUS YUSUF

KH Yusuf Chudlori Tegalrejo Magelang

Habib Syekh

Habib Syekh Solo bersama Gus Yusuf

Peduli Merapi

Penyerahan Bantuan peduli merapi

FASTA VAGANZA

Fasta vaganza dalam rangka Khaflah API Tegelrejo bersama band Five Minutes

Senin, 28 Juni 2010

Jumlah Gelandangan Kabupaten Magelang, Terbanyak di Jawa Tengah



Oleh: Ahmad Muslim

Fast Pojok Kota- Saat dilakukan Sensus Penduduk (SP) 2010 pada 1-31 Mei lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menemukan puluhan gelandangan dan warga tak berpenghuni berada diwilayah ini.

Meski enggan menyebutkan jumlah gelandangan secara pasti, Kepala BPS Kabupaten Magelang, Bambang Dwi Hartono mengatakan, bahwa jumlah gelandangan di Kabupaten Magelang adalah terbanyak di Provisi Jawa Tengah.

Menurut Bambang, penyumbang angka gelangangan dan warga tak berpenghuni di Kabupaten Magelang, paling banyak adalah dari kawasan penambangan pasir di lereng Gunung Merapi.

“Banyak yah, cukup banyak, mungkin malah untuk daearah khusus itu malah paling banyak di jawa tengah, terutama di daerah merapi itu kita paling banyak dapet, jadi intinya, untuk yang dicacah menggukan L2 itu gelandangan dan lain – lain, itu paling banyak dikabupaten magelang, iya terbanyak di jawa tengah, terutama karena itu andilnya di daerah merapi,” jelas Bambang di Magelang (28/06)

Selain diwilayah merapi, Gelandangan, Orang gila, serta warga tak berpenghuni itu, juga ditemukan disekitar terminal, pasar dan kompleks pertokoan di 9 dari 21 Kecamtan yang ada di Kabupaten Magelang.

Para gelandangan itu, kata Bambang, terdata pada tanggal 15 Mei 2010 lalu tepat pada pukul 00.00 wib, pada waktu itu, pihaknya mengerahkan 9 tim untuk mendata Gelandangan dan pengemis didaerah ini.

Untuk diketahui, pada SP 2010 ini BPS menggunakan metode de facto dan bukan de yure. BPS beralasan dengan memakai de yure, jelas hanya berdasar KTP. Tapi kalau dengan de facto, asal mereka selama enam bulan berturut-turut tinggal diwilayah ini, maka akan masuk data base kabupaten magelang. (F1)

Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

Fast Pojok Kota Copyright © 2010 Edited DK Media is Designed by Pak Nano Payaman