GUS YUSUF

KH Yusuf Chudlori Tegalrejo Magelang

Habib Syekh

Habib Syekh Solo bersama Gus Yusuf

Peduli Merapi

Penyerahan Bantuan peduli merapi

FASTA VAGANZA

Fasta vaganza dalam rangka Khaflah API Tegelrejo bersama band Five Minutes

Sabtu, 02 Juni 2012

SAR Magelang dan BPBD Latihan Bersama Armed 11 Kostrad




Magelang Kab (Fast FM)- Bataliyon Armed 11 Kostrad Guntur Geni Yudha Magelang, bekerja sama dengan Badan Penanggulanan Bencana Daerah serta Tim Search And Rescue (SAR) Kabupaten Magelang, menggelar latihan bersama penanggulangan bencana alam, selain bencana Erupsi Merapi, Longsor dan Banjir juga turut diperlatihkan.


Koordinator umum kegiatan pelatihan, Letnan Satu Arm Gunawan menjelaskan, pelatihan bersama tersebut dimaksudkan guna meningkatkan dan memelihara kemampuan anggota dalam materi penanggulangan bencana.

“Bagaimanapun juga posisis kesatuan kita yang terletak di Magelang, sehingga kita tidak bisa lepas dari kegiatan penanggulangan bencana, selain itu juga memang kegiatan penanggulangan bencana ini memang masuk di tugas pokok TNI di Operasi Militer selain perang, UU No 34 tahun 2004,” jelas Gunawan.

Kegiatan yang dilakukan sejak tanggal 21 Mei  hingga 03 Juni 2012 itu, melibatkan 100 anggota TNI Armed 11, dan 30 Anggota SAR Kabupaten Magelang. “Untuk lokasi kita lakukan di tiga tempat yakni di Kesatuan, Sungai Elo diBlondo Kecamatan Mungkid, serta di Desa Kaliurang Kecamatan Srumbung,” tambahnya.

Di Kesatuan Armed 11, materi yang diajarkan adalah mengenai kebencanaan, sejarah SAR, pengenalan alat SAR, serta tali temali, sementara yang diajarkan saat di Sungai Elo Blondo, Kecamatan mungkid adalah High Anggle Rescue, Water Rescue, Jungle Rescue. " Sedangkan di Desa Kali Urang Kecamatan Srumbung kita simulasi evakuasi dan penaganan bencana Erupsi Merapi," ungkap Gunawan.

Komandan SAR kabupaten Magelang Heri Prawoto menyebutkan, dalam pelatihan digelar atas kerja sama BPDB, Armed 11 dan Tim SAR Kabupaten Magelang ini, pihaknya mengerahkan seluruh kekuatan yang dimiliki.

“Dalam Operasi SAR diberbagai tempat kita pasti sering berkolaborasi dengan semua pihak, tak terkecuali dengan TNI, makanya kita lakukan pelatihan bersama ini,” jelas Heri Prawoto yang juga selaku Kepala Seksi Kedaruratan di Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang.

Humas SAR kabupaten Magelang Ahmad Muslim menambahkan, beberapa materi yang dilatihkan dalam latihan bersama ini adalah High Anggle Rescue, Water Rescue, Jungle Rescue, serta penanganan bencana Erupsi Merapi.

“Selain itu juga ada materi Medical First Respon (MFR) serta Komunikasi Bencana, pokoknya apa yang kita tahu kita ajarkan, namun apa yang Armed mengetahui ya kita belajar dengan mereka, sama – sama belajar lah intinya,” pungkasnya.(Pandu/Reni)

Selengkapnya...

Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

Fast Pojok Kota Copyright © 2010 Edited DK Media is Designed by Pak Nano Payaman