GUS YUSUF

KH Yusuf Chudlori Tegalrejo Magelang

Habib Syekh

Habib Syekh Solo bersama Gus Yusuf

Peduli Merapi

Penyerahan Bantuan peduli merapi

FASTA VAGANZA

Fasta vaganza dalam rangka Khaflah API Tegelrejo bersama band Five Minutes

Jumat, 28 Januari 2011

Material Lahar Dingin Baru Habis Setelah 3x Musim Hujan



Oleh: Ahmad Muslim

Fast Pojok Kota- Endapan Material Vulkanik yang berada dipuncak Merapi, hingga kini ternyata masih cukup banyak, bahkan pihak Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK)Yogyakarta, memperkirakan material vulkani tersebut baru akan habis setelah Tiga kali musim hujan.

Subandrio, Kepala BPPTK mengatakan, hingga kini material yang sudah turun dari puncak merapi baru sekitar 20%.”Yang sudah turun ya sekitar 20 sampai dengan 30%lah, sehingga ini masih terus mengancam, sudah seringkali saya sebutkan material ini tidak akan habis satu kali musim hujan saat ini saja, tapi paling tidak dua - tiga kali musim hujan baru akan reda lah untuk ancaman bahaya lahar ini,” kata Subandrio di Magelang, Jum’at (28/01)

Menurut Bandrio, untuk kali putih yang saat ini sudah jelas menimbulkan efek negatif bagi masyarakat, ternyata material yang turun baru 12 juta m3, dari 18 juta m3 potensi material yang ada dipuncak Merapi.

“Jadi kalau yang diatas masih banyak, yang jelas untuk kali putih aja yang turun menjadi endapan lahar itu minimal sudah 12 juta m3 dari potensi yang ada sekita 18 juta m3 dibagian atas, sungai – sungai yang lain, kecuali pabelan belum signifikan.”ungkap Bandrio.

Kepada Pemerintah Daerah diseputar lereng Merapi, pihaknya berharap agar sesegra mungkin bisa berkoordinasi dengan pihak pemangku kepentingan penaggulangan bencana yang ada.

“Ya kita harapkan pemerintah daerah bisa berkoordinasi dengan steak holder didalam penanggulangan bencana ini, untuk ancaman bahaya lahar ini supaya bisa mengantisipasi semua dampak negatif dari bahaya lahar, terutama keselamatan masyarakat itu yang menjadi fokus utama,” jelasnya.

Selain berkoordinasi dengan pemangku kepentingan, BPPTK juga berharap agar insfrastruktur vital yang telah diterjang lahar dingin merapi, agar lekas difungsikan kembali, agar tidak menggangu roda perekonomian masyarakat.

“Yang kedua juga sarana dan prasana atau insfrastruktur yang fital, itu bisa segera berfungsi kembali, supaya tidak menggangu sektor perekonomian masyarakat dan pemerintah kabupaten magelang khususnya,” pungkasnya.(F1)

Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

Fast Pojok Kota Copyright © 2010 Edited DK Media is Designed by Pak Nano Payaman