GUS YUSUF

KH Yusuf Chudlori Tegalrejo Magelang

Habib Syekh

Habib Syekh Solo bersama Gus Yusuf

Peduli Merapi

Penyerahan Bantuan peduli merapi

FASTA VAGANZA

Fasta vaganza dalam rangka Khaflah API Tegelrejo bersama band Five Minutes

Jumat, 10 Desember 2010

Puluhan Kios dan Rumah Warga Tertimbun Material Merapi



Oleh: Ahmad Muslim

Fast Pojok Kota- Puluhan rumah dan kios di Desa Jumoyo, Kecamatan Salam Kabupaten Magelang, Jawa tengah, hingga Kamis (9/12) masih terkubur material vulkanik yang dibawa oleh banjir lahar dingin Rabu (8/12) petang.

Puluhan pemilik kios di pasar Desa Jumoyo hingga kamis siang masih terlihat menyelamatkan barang – barang dagangan yang bisa di selamatkan, para pedagang berharap pemerintah segera memperhatikan nasib mereka.

“Harapan saya sih pemerintah mau ngerti, usaha inikan untuk usaha pokok saya, karena rumah saya yang didesa juga sama aja (diterjang banjir), karena di pinggir sungai putih, jadi total sumber penghidupan saya kan mati mas,” ungkap lestari, salah satu pemilik kios di Pasar Desa Jumoyo, Kamis (9/12)

Selain menenggelamkan puluhan kios dan rumah di Desa Jumoyo, Banjir lahar dingin yang terjadi Rabu (8/12) petang juga menenggelamkan beberapa rumah warga di Desa Gulon, Sirahan serta Gempol.

Akibat kejadian ini, Sebanyak 350 warga Dusun Gempol, juga mengungsi ke Balai Desa Jumoyo dan Gedung PHRI. “Warga ketakutan karena banjir lahar sangat besar. Tak ada yang berani masuk ke rumah,” kata Kades Jumoyo Sungkono.

Sungkono mengatakan, letak Dusun Gempol dan Pasar Jumoyo tepat di sisi Kali Putih sehingga sangat berbahaya untuk ditempati. Disebutkan banjir Kali Putih kali ini jauh lebih besar ketimbang enam kali banjir sebelumnya.

Menurut Sungkono, Hal ini disebabkan kesalahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang menutup alur Kali Batang. “Penutupan jalur lahar di Kali Batang membuat aliran lahar terkonsentrasi di Kali Putih. Ini tentu sangat membahayakan masyarakat. Harusnya aliran lahar dibiarkan alami saja,” tegas dia.(F1)

Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

Fast Pojok Kota Copyright © 2010 Edited DK Media is Designed by Pak Nano Payaman