GUS YUSUF

KH Yusuf Chudlori Tegalrejo Magelang

Habib Syekh

Habib Syekh Solo bersama Gus Yusuf

Peduli Merapi

Penyerahan Bantuan peduli merapi

FASTA VAGANZA

Fasta vaganza dalam rangka Khaflah API Tegelrejo bersama band Five Minutes

Kamis, 15 Juli 2010

Jeruk Adas Duku Makin Laku



Oleh : Ika Fitriana

FAST POJOK KOTA - Akhir-akhir ini jika kita perhatikan, di beberapa ruas jalan di Magelang banyak ditemukan penjual jeruk berukuran besar. Ada yang menggunakan mobil bak terbuka, keranjang, atau tertata rapi digelar di tikar di pinggir jalan.

Menurut Eko, salah satu pedagang yang FAST FM temui di Jalan Magelang - Purworejo, Pakelan, Kabupaten Magelang, buah jeruk tersebut bernama jeruk Adas Duku. Banyak orang mengira kalu buat itu adalah jeruk Bali, yang dikenal memang berukuran lima kali lebih besar dari jelur lokal pada umumnya.

“Ini asli dari daerah Magetan Jawa Timur. Bedanya dengan jeruk Bali, jeruk Adas Duku memiliki rasa yang lebih manis dan dapat bertahan lama hingga 3 bulan.” terang Eko (14/07).

Harganyapun juga lebih mahal dibanding jeruk Bali. Yang paling mahal harganya Rp12.500, sedangkan yang murah antara Rp5.000 hingga Rp10.000,-. per buah. Meski relative mahal, namun buah ini makin banyak digemari. Dalam sehari, Eko mampu menjual mininal 50 biji. Bahkan dalam satu minggu ia bisa menjual sekitar 1.500 buah jeruk. Ia mengambil keuntungan sekitar 30 persen.

Diakuinya, banyak pedagang buah serupa yang berjualan di Magelang. Hanya saja, banyak diantara mereka yang 'kulakan' di Yogjakarta.

"Kalau saya memang dari kebunnya langsung sehingga bisa memilih buah yang benar-benar berkualitas," pungkasnya.(F2)

Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

Fast Pojok Kota Copyright © 2010 Edited DK Media is Designed by Pak Nano Payaman