GUS YUSUF

KH Yusuf Chudlori Tegalrejo Magelang

Habib Syekh

Habib Syekh Solo bersama Gus Yusuf

Peduli Merapi

Penyerahan Bantuan peduli merapi

FASTA VAGANZA

Fasta vaganza dalam rangka Khaflah API Tegelrejo bersama band Five Minutes

Rabu, 05 Januari 2011

Pasar Tradisional dan Pasar Modern Harus Besinergi



Oleh : Ika Fitriana

Fast Pojok Kota – Keinginan masyarakat mendambakan pasar tradisional yang bersih dan nyaman serta persaingan pasar yang sehat, tampaknya akan segera terwujud. Panitia Khusus (Pansus )DPRD Kota Magelang saat ini tengah intensif menggodog raperda pasar yang komprehensif.

“Dalam perda nanti, akan ada saling dukung mendukung antara pedagang pasar tradisional, agar pedagang di pasar tradisional tidak mati usahanya karena keberadaan pasar modern,” jelas Drs Edy Sutrisno, Msi, Ketua pansus Raperda pasar, Rabu (5/1.

Menurut Edy, Perda semacam ini, belum pernah dimiliki daerah lain, sebab Kota Magelang tergolong daerah yang relatif kecil sehingga sangat memungkinkan dibuat perdayang komprehensif.

“Dalam raperda pasar yang komprehensif nantinya, akan diatur soal penataan, pembinaan maupun pengelolaannya, selain itu juga akan akan menjamin penataan pasar modern tidak membunuh pasar tradisional, namun justru bersinergi,” lanjut Ketua Apindo Kota Magelang ini.

Edy menambahkan, dalam Perda tersebut nantinya akan mengatur ketentuan pembangunan pasar atau pusat perbelanjaan, anatar lain sistem zonasi atau daerah mana saja yang masih memungkinkan untuk didirikan pasar modern.

Kemudian untuk pembinaan, lanjut Edy, pemda juga bertanggung jawab membina para wirausahawan khususnya di Kota Magelang agar mampu meningkatkan baik kualitas maupun kwantitas produk dan bisa di pasarkan melalui pasar modern maupun pusat perbelanjaan. "Jadi saling menumbuhkan, pasar modern tidak boleh menolak produk-produk UKM dari Kota Magelang," terangnya.

Sedangkan hal mengelola, kata Edy, bagaimana Pemda bisa mengelola pasar tradisional menjadi pasar yang lebih bagus, dan tidak terkesan kumuh. (F2)

Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

Fast Pojok Kota Copyright © 2010 Edited DK Media is Designed by Pak Nano Payaman