GUS YUSUF

KH Yusuf Chudlori Tegalrejo Magelang

Habib Syekh

Habib Syekh Solo bersama Gus Yusuf

Peduli Merapi

Penyerahan Bantuan peduli merapi

FASTA VAGANZA

Fasta vaganza dalam rangka Khaflah API Tegelrejo bersama band Five Minutes

Senin, 01 November 2010

Merapi Meletus Lagi, Ini Letusan Terbesar



Oleh: Ahmad Muslim

Fast Pojok Kota- Gunung Merapi yang berada di perbatsan Provinsi Jawa Tengah dan DIY Senin (1/11) kembali menujukan kemegahannya, sekitar pukul 10.10wib, Merapi kembali memuntahkan awan panas. Data dari pos pengamatan menyatakan luncuran ini merupakan yang terbesar sejak status merapi dinyatakan awas.

Petugas pemantauan merapi di pos Ngepos, Ahmad Sopari mengatakan wedhus gembel masuk ke Kali Gendol yang menuju arah Sleman. Sedangkan asap serta debu vulkanik mengarah ke Boyolali. "Ada yang mengarah ke Magelang tepatnya di kali bebeng," kata Shopari di Pos Ngepos (1/11).

Letusan merapi yang berlangsung setengah jam lebih itu, Suaranya tidak begitu keras. Namun asap tebal berwana kehitaman membumbung tinggi. Penyebaran awan panas terlihat lebih luas dari letusan sebelumnya.

Menurut pengamatannya, jarak luncuranan mencapai 4 kilometer dengan ketinggian hampir 1 kilometer. "Letusan kali ini yang terbesar sejak ditetapkan statusnya menjadi awas dan mengarah hampir ke seluruh arah," kata dia.

Sementara itu, warga yang sejak pagi memilih pulang rumah untuk memberi makan ternaknya mereka panik dan melarikan diri usai menyaksikan awan panas atau wedus gembel bergulung-gulung mengarah ke Magelang dan Sleman.

Warga di KRB III sebenarnya sudah mengungsi namun pada siang hari mereka pulang untuk menggarap ladang dan memberi makan ternak. "Saya melihat wedhus gembel mengarah ke arah Magelang. Awan panas itu menuju Kali Blongkeng di Srumbung," kata Ceguk, 35, warga Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun.(F1)

Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

Fast Pojok Kota Copyright © 2010 Edited DK Media is Designed by Pak Nano Payaman