GUS YUSUF

KH Yusuf Chudlori Tegalrejo Magelang

Habib Syekh

Habib Syekh Solo bersama Gus Yusuf

Peduli Merapi

Penyerahan Bantuan peduli merapi

FASTA VAGANZA

Fasta vaganza dalam rangka Khaflah API Tegelrejo bersama band Five Minutes

Sabtu, 30 Oktober 2010

“Wedhus Gembel” Kembali Meluncur, Magelang Hujan Abu



Oleh: Ahmad Muslim

Fast pojok Kota- Aktivitas kegempaan merapi hingga Empat hari pasca penetapan status ke level Awas, masih terus vluktuatif, dari pukul 06.00 hingga pukl 10.00 jum’at (29/10) siang ini, awan panas atau yang akrap disebut “Wedus Gembel” sudah meluncur sebanyak Tiga kali.

Ahmad Shopari, Petugas pemantauan merapi Pos Ngepos, Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah mengatakan, luncuran pertama terjadi pada pukul 06.10 wib, dengan kepulan asap setinggi 800 meter, dengan jarak luncur sejauh 3 Km ke arah kali Gendol.

Kemudian luncuran kedua terjadi pada pukul 08.39 wib, dengan kepulan asap setinggi 1.500 meter, dengan jarak luncuran sejauh 3,5 Km, yang juga mengarah ke Kali Gendol. Sedangkan untuk luncuran ke Tiga menurut Shopari terjadi pada pukul 08.43 wib.

“Namun untuk luncuran ke tiga ini, karena cuaca di Ngepos berkabut, maka kami tidak bisa memantau baik tinggi kepulan asap, jarak luncuran, maupun arah luncuran,” kata Shopari di Pos Ngepos, Jum’at (29/10)

Menurut Shopari selain luncuran awan panas, beberapa jenis kegempaan seperti multivase, vulkanik, serta guguran, hingga kini, intensitasnya juga masih tinggi. “Namun untuk vulkanik dalam, memang akhir – akhir ini sudah cenderung menurun, hal itu dikarenakan posisi maghma yang memang sudah berada di puncak merapi, sehingga yang masih tinggi gempanya adalah vulkanik dangkal,” tambah Shopari.

Sementara dari panatauan, setelah terjadinya tiga kali luncuran awan panas tersebut, wilayah lereng gunung merapi terutama untuk wilayah Magelang, kembali diguyur hujan abu, namun dengan intensitas sedang.(F1)

Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

Fast Pojok Kota Copyright © 2010 Edited DK Media is Designed by Pak Nano Payaman